ORGANISASI MAHASISWA SIAPKAN PEMIMPIN MASA DEPAN YANG BERKARAKTER

org

Kepemimpinan merupakan aspek penting dalam kehidupan sosial dimana terjadi interaksi antar individu yang satu dengan individu lain untuk saling bekerjasama dalam upaya pemenuhan kebutuhan masing-masing. Kepemimpinan merupakan hasil dinamika daripada interaksi sosial. Asal mula terbentuknya suatu kepemimpinan yaitu bermula dari seseorang atau sekelompok yang beperan lebih aktif dari yang lainnya yang kemudian perannya sangat penting bagi suatu organisasi atau kelompok tersebut.

Seorang pemimpin sangat dibutuhkan oleh kelompok sosial atau organisasi dalam menetapkan tujuan organisasi bersama. Selain itu, seorang pemimpin juga sangat penting keberadaannya saat tujuan organisasinya terhalang oleh ancaman-ancaman dari dalam maupun luar organisasi tersebut. Oleh karena itu, seorang pemimpin harus mempunyai kekuatan yang lebih di banding dengan yang dipimpinnya. Karakter pemimpin yang baik tidak dapat lahir begitu saja namun harus dilatih sejak dini tahap demi tahap. Tempat yang paling tepat untuk melatih kepemimpinan yang berkarakter pada tingkat mahasiswa yaitu organisasi mahasiswa atau yang sering disebut dengan ormawa.

Mahasiswa merupakan cendekiawan masa depan yang nantinya akan terjun ke dalam masyarakat dan lingkungan yang lebih luas. Oleh karena itu perlunya berorganisasi untuk mengembangkan kemampunan dirinya. Berorganisasi adalah proses dalam menyiapkan diri untuk memasuki organisasi yang lebih besar setelah keluar dari perguruan tinggi. Jika saat berorganisasi mahasiswa telah tertananm kebiasaan disiplin dan patuh terhadap segala tata krama di dalam organisasi diharapkan tumbuh pula kesadaran semacam itu kelak setelah terjun ke dalam masyarakat.

Eksistensi organisasi kemahasiswaan (ormawa) adalah nilai yang straktegis dalam memupuk jiwa-jiwa kepemimpinan, percaya diri, komitmen, dan berani mengambil keputusan dengan segala resiko. Dengan berlatih mengasah kemampuan diri untuk mengembangkan aktualisasi dirinya dengan menjadi pemimpin pada organisasi kemahasiswaan tertentu dapat menjadi modal pokok menjadi pemimpin pada kawasan yang lebih luas.

Dalam organisasi mahasiswa, seseorang tidak hanya berlatih untuk kemampuan yang bersifat individu saja namun juga dilatih untuk bekerjasama dengan orang lain, menjada emosi, dan berlatih menghargai dan menghormati pendapat orang lain. Dengan pengalaman-pengalaman yang dapat diperoleh dari organisasi, seseorang khususnya mahasiswa tentu dapat menemukan cara-cara menjadi seorang pemimpin berkarakter baik.

Mahasiswa-mahasiswa yang berkarater baik dengan jiwa kepemimpinan inilah yang sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia untuk menjadi pemimpin bangsa yang berkarakter dan dapat menjadi contoh masyarakat. Sehingga dengan ini organisasi mahasiswa dapat dijadikan sebagai wadah atau media untuk mengembangkan karakter.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s