Paper Test KIT untuk Uji Boraks

ptk

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan kualitatif yang mempunyai dua tujuan utama. Pertama bertujuan untuk membuat paper test kit sederhana untuk mendeteksi kandungan boraks dalam makanan. Kedua, untuk mengetahui kemampuan paper test kit dalam mendeteksi kandungan boraks pada makanan.

Penelitian ini mengikuti model prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengumpulan bahan dan materi, pembuatan kertas uji boraks sederhana, dan dilajutkan dengan pengujian boraks dengan paper test kit tersebut.

Penelitian ini menghasilkan cara atau langkah-langkah dalam pembuatan paper test kit untuk mendeteksi kadar boraks dalam makanan dan diketahui pula kemampuan paper test kit dalam mendeteksi boraks pada makanan hingga 200 ppm. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa paper test kit dapat dibuat dari ekstrak kunyit yang diserapkan dalam kertas saring (whatman) yang kemudian dikeringkan. Paper test kit ini dapat mendeteksi adanya kadar boraks hingga 200 ppm.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s