Partikel Materi

wujud-zatMateri (matter) adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan memepunyai massa, sedangkan kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang materi dan perubahannya. Pada prinsipnya, semua materi dapat berada dapat berada dalam tiga wujud: padat, cair, gas. Padatan adalah benda yang rigit (kaku) dengan bentuk yang pasti. Cairan tidak serigit padatan dan bersifat fluida, yaitu dapat mengalir dan mengambil bentuk sesuai wadahnya. seperti cairan, gas bersifat fluida, tetapi tidak sepert cairan, gas dapat mengembang tanpa batas.

Ketiga wujud materi ini dapat berubah dari wujud yang satu menjadi wujud yang lain. Dengan pemanasan, suatu padatan dapat meleleh dan menjadi cairan. Pemanasan lebih lebih lanjut akan mengubah cairan menjadi gas. di sisi lain pendinginan gas akan mengembunkannya menjadi cairan. Pendinginan lebih lanjut akan membuatnya menjadi padat.

Ilmuwan juga menggolongkan materi berdasarkan susunan dan sifatnya. Materi dapat digolongkan menjadi zat, campuran, unsur, dan senyawa.

sumber : Chang. Raymond. 2004. Kimia Dasar Jilid I. Jakarta : Erlangga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s