Zat dan Campuran

Zat (substance) adalah materi yang memiliki susunan tertentu atau tetap dan sifat-sifat yang tertentu pula. Contohnya adalah air, perak, etanol, garm dapur, (natrium klorida), dan karbon dioksida. zat yang satu berbeda susunannya dari zat lainnya dan dapat diidentifikasi dari penampilannya, baunya, rasanya, dan sifat-sifatnya yang lain. Saat ini telah dikenal lebih dari 13 juta zat, dan jumlahnya terus bertambah dengan cepat.

Campuran (mixture) adalah penggabungan dua atau lebih zat di mana dalam penggabungan ini zat-zat tersebut mempertahankan identitasnya masing-masing. beberapa contoh di antaranya adalah udara, minuman ringan, susu, dan semen. campuran tidak memiliki susunan yang tetap. jadi, sampel-sampel udara yang diperoleh dari kota yang berbeda bisa berbeda susunannya karena perbedaan ketinggian, pencemaran, dan lain-lain.

Campuran bisa homogen atau heterogen. ketika sesendok gula dilarutkan dalam air, setelah pengadukan yang cukup lama, susunannya dari campuran dari seluruh bagian larutan akan sama. Larutan ini adalah larutan homogen (homogeneus mixture). namun jika pasir dicampurkan dengan serbuk besi akan tetap terlihat dan terpisah. jenis campuran ini dimana susunannya tidak seragam, disebut campuran heterogen.

sumber: Chang, Raymond. 2004. Kimia Dasar Jilid I. Jakarta: Erlangga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s