Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan IPA

Penjaminan mutu pendidikan adalah kegiatan sistemik dan terpadu oleh satuan atau program pendidikan, penyelenggara satuan atau program pendidikan, pemerintah daerah, pemerintah, dan masyarakat untuk menaikkan tingkat kecerdasan kehidupan bangsa melalui pendidikan. Dengan demikian tujuan penjaminan mutu pendidikan secara umum adalah memberikan acuan bagi unit-unit pembina, pelaksana, dan penyelenggara satuan pendidikan yang ada di pemerintah, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, dan masyarakat dalam pelaksanaan mutu pendidikan formal, nonformal dan informal yang dilakakan secara terpadu (Fattah, 2012). Kegiatan sinergis ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat kecerdasan kehidupan bangsa.

Penjaminan mutu berkaitan dengan konsistensi produk dengan spesifikasinya atau mendapatkan segala sesuatunya baik di awal waktu dan setiap saat. Penjaminan mutu merupakan tanggungjawab suatu gugus tugas, biasanya berupa tim, dan bukan seorang inspektur, walaupun inspeksi memainkan peran penting dalam menjalankan penjaminan mutu. Kualitas barang/jasa dijamin oleh produsen/penyedia jasa melalui adanya sistem sistem penjaminan mutu, yang menjamin seberapa tepat produksi dilakukan dan mengacu pada standar apa produksi tersebut dibuat.

Sistem penjaminan mutu adalah sebuah sistem yang dikembangkan oleh produsen atau penyedia jasa untuk memastikan bahwa tidak ada penyimpangan berdasarkan baku mutu (spesifikasi) dalam proses produksi/penyediaan jasa, mulai dari perencanaan sampai dengan after sale service. Sistem penjaminan mutu pada akhirnya bermuara pada upaya peningkatan terusmenerus (quality improvement), untuk memberi layanan yang memuaskan kastemer (Widodo, 2009).

Sistem penjaminan mutu pendidikan IPA adalah sebuah sistem yang dikembangkan oleh satuan pendidikan untuk memastikan bahwa tidak ada penyimpangan berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan dalam standar isi IPA, mulai dari perencanaan, masukan siswa, pembelajaran, asesmen, sampai dengan pengambilan keputusan terhadap siswa. Sistem penjaminan mutu pendidikan IPA juga bermuara pada upaya peningkatan terus‐menerus (quality improvement), untuk memberi layanan yang memuaskan pelanggan (Sallis, 2010).

untuk menambah pemahaman Anda mengenai sitem penjaminan mutu pendidikan ipa,klik disini

semoga bermanfaat^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s